Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Mengembangkan Potensi Desa Wisata Organik pada Kelompok Sadar Wisata Desa Muncan-Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.19Keywords:
Muncan, desa wisata, pokdarwisAbstract
Sektor pariwisata memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi negara. Salah satu bentuk pembangunan pariwisata berkelanjutan untuk mengembalikan geliat pariwisata adalah pengembangan desa wisata. Salah satu desa yang berpotensi menjadi desa wisata organik di kawasan Lombok Tengah adalah Muncan. Selain eksistensi demplot budi daya padi organik, Muncan memiliki sejumlah destinasi yang memenuhi kriteria desa wisata pada umumnya, misal: masjid kuno Sumbek yang dibangun pada tahun 1792, embung (bendungan) serta sentra kerajinan mebel yang menggerakkan roda perekonomian lokal. Kepala desa Muncan membentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Target pengabdian dalam bentuk workshop ini Pokdariws dan pemuda Karang Taruna Muncan. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan pemahaman serta pengetahuan Pokdarwis sebagai pengelola pariwisata dalam mengoptimalkan penggunaan media sosial sebagai alat promosi. Hasil workshop menunjukkan 15 orang bergabung menyampaikan antusiasmenya. Masalah utamanya mereka memiliki media sosial tapi belum mengetahui strategi untuk mengenalkan demplot padi organik, embung, dan daya tarik wisata lainnya melalui platform digital. Masalah kedua, kurangnya perhatian pemerintah dalam mendanai, jadi Pokdarwis tidak punya modal membuat website resmi Muncan. Di akhir workshop, peserta mempraktekkan tips dan mengaplikasikan strategi promosi digital melalui ponsel masing-masing. Workshop ini secara langsung meningkatnya kesadaran, pengetahuan dan keterampilan Pokdarwis Muncan tentang mengoptimalkan media sosial sebagai wadah promosi.