Penyusunan Paket Wisata dan Pemasaran Digital Sebagai Upaya Penguatan Desa Wisata di Lingkar Mandalika

Authors

  • Hartin Khusnia Universitas Mataram
  • Buan Anshari Universitas Mataram
  • Hadi Mahmudi Universitas Mataram
  • Ida Ayu Sutarini Universitas Mataram
  • I Nyoman Nugraha Universitas Mataram
  • Muhamad Ali Universitas Mataram
  • Muhlis Muhlis Universitas Mataram
  • Solikatun Solikatun Universitas Mataram
  • Yulanda Trisula Sidharta Yohanes Universitas Mataram
  • Siti Chotijah Sekolah Tinggi Multi Media

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommdev.v3i3.30

Abstract

Program “penyusunan paket wisata dan pemasaran digital sebagai upaya penguatan desa wisata di lingkar Mandalika” adalah program Matching Fund Kedaireka 2022 atas kolaborasi Universitas Mataram, Genpi Nasional, dan Besiru Hub. Program ini didasari oleh terbatasnya kemampuan dalam mengemas paket wisata dan pemasaran digital oleh 16 desa wisata di sekitar Lingkar Mandalika. Oleh karena itu, program ini hadir untuk membantu mereka menyusun dan mengemas paket wisata dan memasarkannya. Secara garis besar ada tiga metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu melalui pemetaan masalah, pelatihan penyusunan paket wisata dan pelatihan pemasaran digital, dan pendampingan produksi konten wisata kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 16 desa tersebut.

Secara umum program kolaborasi ini berjalan dengan baik. 16 perwakilan dari Pokdarwis Desa Wisata Lingkar Mandalika serta 20 mahasiswa pendamping mengikuti kegiatan kolaborasi ini. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah 16 desa wisata berhasil mengemas paket wisata, memproduksi konten wisata, serta mampu memasarkannya secara digital. Sebanyak 32 konten promosi paket wisata yang terdiri 16 dalam bentuk flayer dan 16 video diproduksi dalam program ini. Konten-konten wisata tersebut merupakan konten digital yang akan mempromosikan paket wisata yang ditawarkan oleh 16 desa wisata di Lingkar Mandalika. Selain itu, ada test tour dan diseminasi sekaligus launching paket wisata. Kegiatan ini melibatkan pihak terkait (konten kreator, jurnalis, komunikat, akademisi, asosiasi pelaku wisata, dan birokrat) yang tujuannya untuk menarik perhatian mereka agar mereka ikut mempromosikan paket wisata desa wisata lingkar Mandalika dan hasilnya rangkaian kegiatan ini terpublikasi secara luas baik di media sosial maupun media mainstrem.

Downloads

Published

2022-11-30