Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Cukli Kota Mataram di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Suadnya IW
  • Agus Purbathin Hadi Universitas Mataram
  • Eka Putri Paramita Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.18

Keywords:

Pemasaran digital, kerajinan cukli, pandemi Covid-19, Mataram

Abstract

Pandemi Covid 19 telah memberikan dampak yang signifikan terhadap pelaku UMKM pada sentra kerajinan cukli Kelurahan Sayang Sayang Kota Mataram. Pembeli dan wisatawan semakin langka dan penjualanpun menurun akibat berbagai aturan yang melarang orang bepergian diberlakukan baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Disisi lain sebetulnya sudah ada teknologi digital yang dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk kerajinan cukli. Namun sayangnya pelaku UMKM di sentra kerajinan ini belum mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang cukup mengenai pemasaran digital yang menawarkan berbagai kemudahan. Mereka belum memanfaatkan teknologi digital untuk menjangkau konsumen yang lebih luas dan meningkatkan omzet penjualan produk. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian melakukan literasi pemasaran digital di lokasi ini. Metode yang digunakan adalah metode andragogy dengan teknik pelatihan dan pendampingan. Hasil yang dicapai adalah 12 orang pelaku UMKM berpartisipasi dalam pelatihan. Mereka sudah melek teknologi pemasaran digital sehingga 5 orang mampu mengoperasikan e-commers shopee, 5 orang menggunakan Facebook dan 2 orang menggunakan instagram. Disamping itu, peserta juga telah mampu menghasilkan foto produk dalam pajangan dengan kualitas yang baik karena telah dilatih teknik fotografi. Hasil evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa masih belum ada dampak yang signifikan pada pemasaran produk kerajinan cukli. Namun mereka sudah mulai mendapatkan pengunjung.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.