Pelatihan Pemasaran Produk Olahan Kelapa Berbasis Ekonomi Digital pada UMKM Andana VCO Kabupaten Lombok Utara

Authors

  • Dewa Nyoman Adi Paramartha Universitas Mataram
  • Zainuri Zainuri Universitas Mataram
  • Yeni Sulastri Universitas Mataram
  • Rucitra Widyasari Universitas Mataram
  • Rini Nofrida Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommdev.v2i3.20

Keywords:

Ekonomi digital, kelapa, pemasaran digital

Abstract

Pandemi Covid-19 sejak 2020 telah banyak merubah perekonomian, yang paling terdampak adalah pengusaha kecil dan menengah, untuk bisa bertahan UMKM harus mampu beradaptasi baik konsumen maupun cara pemasaran dan penjualan. Di satu sisi era MEA saat ini mengharuskan UMKM untuk dapat berubah dan beradaptasi lebih cepat sehingga mampu bersaing di pasaran. Salah satunya adalah dengan penerapan ekonomi digital yang mampu bersinergi dengan ekonomi kreatif. Pengabdian ini meliputi 1) memberikan pemahaman tentang berjualan produk dengan penerapan ekonomi digital dan 2) melatih pelaku bisnis berbasis kelapa untuk memulai berjualan produk dengan penerapan ekonomi digital. Pengabdian ini telah dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2021, yang bertempat di Dusun Karang Kates, Kecamatan Gondang-Gangga, Kabupaten Lombok Utara dengan sasaran mitra yaitu UKM Andana VCO. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menerapkan metode pelatihan yaitu pelatihan UMKM go digital dan pelatihan pemasaran digital. Untuk jangka panjang, diharapkan bahwa pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dapat memberikan kemajuan bagi pengelolaan manajemen usaha.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.