Kelas Digital Terpadu untuk Persiapan Menghadapi Kompetisi Sains Nasional Bidang Matematika bagi Siswa SMPK Kesuma Cakranegara

Authors

  • Harry Soeprianto Prodi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Mataram
  • Sudi Prayitno Prodi Pendidikan Matematika PMIPA FKIP Universitas Mataram
  • Deni Hamdani Universitas Mataram
  • Ratih Ayu Apsari Universitas Mataram
  • Nourma Pramestie Wulandari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommdev.v1i2.9

Keywords:

Kelas Digital, Kompetensi Sains Nasional, Matematika

Abstract

Kompetensi Sains Nasional (KSN) adalah salah satu ajang bergengsi bagi guru dan siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Akan tetapi, tidak semua sekolah memiliki sarana belajar yang mumpuni untuk mengikuti kompetensi ini terutama dalam masa pandemic COVID-19, seperti SMPK Kesuma Cakranegera. Untuk itu, pembinaan dilakukan sebanyak delapan pertemuan secara daring melalui kelas digital terpadu. Partisipan yang terlibat adalah 12 orang siswa yang duduk di kelas 7 dan 8 serta 3 orang guru matematika SMPK Kesuma Cakranegara. Materi yang dibelajarkan meliputi: Bilangan, Aljabar, Geometri, Satatistika dan Peluang dengan tingkat kesulitan dasar dan menengah. Dari hasil asesmen diri yang diberikan kepada siswa setelah kegiatan selesai, diketahui bahwa 100% peserta mengikuti kegiatan secara penuh. Selain itu, rata-rata respons peserta terkait dengan minatnya dalam mengikuti kegiatan adalah 4,04 (dari skala 5). Sehingga dapat disimpulkan bahwa respons peserta terhadap kegiatan pelatihan berada pada kategori baik. Adapun guru-guru peserta pelatihan menyatakan harapannya agar pembinaan ini dilanjutkan dan kelas digital terpadunya dapat semakin dilengkapi dengan lebih banyak soal latihan dalam bentuk kuis interaktif. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa persiapan KSN melalui kelas digital terpadu mampu menstimulus siswa dalam belajar.

Downloads

Published

2021-01-04