Pelatihan Penerapan Social Media Marketing sebagai Media Promosi Agrowisata di Desa Bunga Raya Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak

Authors

  • Evawani Elysa Lubis Universitas Riau
  • Belli Nasution Universitas Riau
  • Anuar Rasyid Universitas Riau
  • Nova Yohana Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.29303/jcommdev.v1i2.14

Keywords:

pelatihan, pendampingan, social media marketing, agrowisata, pokdarwis

Abstract

Pemerintah Daerah Kabupaten Siak telah mencanangkan pengembangan potensi agrowisata Kampung Bunga Raya, Kecamatan Bunga Raya sejak tahun 2017. Berbagai persiapan telah dilakukan agar program tersebut dapat terlaksana dengan baik. Berdasarkan analisis situasi keberadaan agrowisata di daerah tersebut masih relatif baru dan belum diketahui oleh masyarakat luas. Dalam hal ini dibutuhkan sumberdaya manusia yang handal dalam melakukan kegiatan promosi mengenai potensi agrowisata tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan pemanfaatan social media marketing sebagai media promosi agrowisata di Bungaraya oleh khalayak sasaran seperti masyarakat yang memiliki usaha agrowisata dan tergabung dalam pokdarwis. Metode yang digunakan adalah penyuluhan mengenai perkembangan teknologi komunikasi serta pendampingan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi, praktek penggunaan media sosial berupa facebook dan instagram, membuat akun, membuat hastag, mengupload gambar yang menarik tentang agrowisata, mengundang teman dan menyusun narasi yang menarik. Hasil dari kegiatan ini adalah para peserta yang memiliki usaha agrowisata mengetahui dan memahami tentang social media marketing dan memiliki bekal cara yang kerja yang lebih baik dalam mempromosikan agrowisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kampung Bunga Raya.

 

Downloads

Published

2021-01-04